WOW!! 6 Pemain Keturunan Diundang Seleksi Timnas U-23, yang Lolos Mendapat Naturalisasi

Badan Tim Nasional Indonesia akhirnya mengumumkan 90 pemain yang mengikuti seleksi tim nasional U-23. Dari 90 pemain, BTN juga mengundang enam pemain keturunan untuk mengikuti seleksi tersebut.

Irfan Bachdim, salah seorang dari lima pemain senior di Piala AFF 2010 yang akan dipanggil untuk membela timnas U-23.

Timnas U-23 diproyeksikan tampil SEA Games 2011 dan Pra-Olimpiade. Seleksi digelar dalam tiga tahap. Seleksi pertama dan kedua akan digelar mulai 7 hingga 13 Januari. Kedua seleksi ini bertujuan menentukan skuad Pra-Olimpiade. Skuad SEA Games dilakukan melalui proses seleksi terakhir yang digelar dari 15 hingga 17 Januari.

“Skuad final Pra-Olimpiade akan diumumkan pada 17 Januari, sementara untuk skuad U-23 akan diumumkan pertengahan Maret nanti. Besok 25 pemain akan dipanggil untuk mengikuti seleksi pertama,” kata Deputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional Iman Arif dalam jumpa pers yang digelar di kantor PSSI, Kamis (6/1/2011).

Timnas U-23 memang akan lebih dahulu menghadapi Pra-Olimpiade. Indonesia akan melawan Turkmenistan dengan sistem kandang-tandang. Merah Putih lebih dahulu menjamu Turkmenistan pada 23 Februari. Pada 9 Maret, tim besutan Alfred Riedl tandang ke Turkmenistan.

Skuad Pra-Olimpiade, kata Iman, akan terdiri dari 25 pemain. Sepuluh pemain di antaranya, lanjut Iman, akan tampil di SEA Games 2011. “Seleksi terakhir hanya akan memilih 15 pemain. Irfan Bachdim dan Johann Juansyah sudah pasti,” kata Iman.

Demi mematangkan skuad, Iman mengungkapkan, timnas U-23 akan melakukan sekitar 20 laga uji coba. “Maksimal 30 uji coba termasuk dengan klub-klub lokal,” papar Iman.

Seleksi timnas U-23 tidak hanya diikuti pemain-pemain lokal. Ada enam pemain keturunan Indonesia yang ikut dalam seleksi. “Pemain keturunan tersebut hanya berupa undangan. Kalau lolos seleksi, kami akan menaturalisasi. Pemain keturunan diundang karena masa depan timnas berada di tangan mereka,” kata Iman.

Berikut pemain keturunan yang diundang Badan Tim Nasional: Stefano Lillipaly (FC Utrecht), Mark van de Mareel (FC Utrecht), James Zaidan Saragih (New York Cosmos), Andrea Bitar (FC Cannes), Farri Agri (AL Khor SC).

Comments :

0 komentar to “WOW!! 6 Pemain Keturunan Diundang Seleksi Timnas U-23, yang Lolos Mendapat Naturalisasi”

Post a Comment