Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet

Apa anda memakai Indosat M2 Broom Unlimited untuk koneksi internet anda? Jika iya, berarti sama dengan saya. Sejak akhir 2008 saya menggunakan M2 untuk aktivitas online saya baik ketika ada di Karawang atau ketika ke Bandung menyelesaikan studi. Saya menggunakan M2 broom generasi pertama dengan ongkos 100 rebu perbulan. Dengan modem HSDPA, M2 cocok dibawa kemana-mana, tinggal colok di laptop ataupun komputer.

Sainggan dari M2 untuk kelas internet broadband dengan simcard GSM ini adalah Telkom Flash. Yang pasti artikel ini bukan artikel paid per review atau iklan, tapi jika pihak M2 atau Telkomsel flash membacanya dan ingin beriklan di blog ini, maka silahkan hubungi saya.. hehe.. (serius).

Nah, lalu bagaimana caranya agar koneksi M2 lebih cepat, khususnya untuk di daerah yang kurang beruntung dalam menangkap sinyal 3G M2, berikut tips and tricks berdasarkan pengalaman saya dan referensi yang saya baca!

Caranya adalah dengan setting DNS pada modem HSDPA yang anda gunakan.

Berikut adalah contoh setting DNS pada Modem Huawei seperti yang saya gunakan (Silahkan jika ada perbedaan modem, anda sesuaikan saja sendiri, pasti tidak jauh berbeda) :

Setting -> Connection -> Profile Name -> Modify -> Advenced -> DNS Setting -> Static -> Isi -> Save

Bawaaan awalnya pasti DNS dinamic, jadi kita klik pada DNS Static. Pada DNS Static ada 2 kolom yang harus anda isi, Primary DNS dan Secondary DNS, silahkan pilih beberapa DNS berikut, setidaknya anda coba dulu sendiri mana yang lebih ok!

Pilihan 1
Primary DNS server: 202.155.0.10
Secondary DNS server: 202.155.0.15

Pilihan 2
Primary DNS server: 202.155.0.20
Secondary DNS server: 202.155.0.25

Pilihan3
Primary DNS server: 208.67.222.222
Secondary DNS server: 208.67.220.220

Pilihan4 (Google Public DNS) :
Primary DNS server = 8.8.8.8
Secondary DNS server = 8.8.4.4

Jika tidak nyaman atau anda ingin kembali menyetting DNS atau mengembalikannya pada DNS Dinamis, caranya lakukan langkah diatas kembali.

Apakah ini cara curang?

Saya rasa ini bukan cara curang, soalnya memang pada settingan modem juga ada pilihan untuk mengedit DNS jadi ya halal mudah-mudahan.

Adakah effek negatifnya?

Mengenai effeknya, yang pasti effeknya dapat mempercepat koneksi internet Indosat M2 yang anda gunakan (terutama jika anda memakai DNS Google). Sedangkan untuk efek negatifnya, menjadi konsekuensi jika koneksi anda cepat maka akan lebih haus pada jatah kuota M2 anda. Tapi, mengenai haus tidaknya ini saya belum bisa berani menjamin, karena berdasarkan pengalaman saya, belum pasti haus karena DNS atau karena pemakaian saya aja yang boros.

tag : mempercepat koneksi internet m2, koneksi internet m2, cara mempercepat koneksi im2, tips mempercepat koneksi internet, cara mempercepat koneksi internet telkomsel flash, mempercepat koneksi internet speedy, koneksi internet speedy

Comments :

0 komentar to “Cara Mudah Mempercepat Koneksi Internet”

Post a Comment